RAMADHAN BERAKHIR, AMALAN BELUM BERAKHIR

Disaat bulan ramadhan akan berakhir, jangan ada persangkaan dalam diri kita bahwa amalan saleh yang kita lakukan selama ini telah berakhir pula. Tidak, selama usia masih ada, selama hayat dikandung badan, maka ibadah dan beramal saleh akan terus berlanjut, hingga kita menghembuskan nafas terakhir dalam keadaan kita meraih husnul Khatimah. Allah ﷻ berfirman:

وَٱعۡبُدۡ رَبَّكَ حَتَّىٰ يَأۡتِيَكَ ٱلۡيَقِينُ 

“Sembahlah Rabb-mu hingga kematian datang menjemputmu.”
(QS.Al Hijr: 99)

Ingat, amalan penentu kebaikan yang akan kita raih di akhirat adalah disaat kita meninggalkan dunia ini dengan akhir yang baik, dengan amalan saleh. Rasulullah ﷺ bersabda:

وَإِنَّمَا الْأَعْمَالُ بِالْخَوَاتِيمِ "

“Sesungguhnya amalan itu tergantung penutupnya.”
(HR.Bukhari)

Rasulullah ﷺ juga bersabda :

" إِذَا أَرَادَ اللَّهُ بِعَبْدٍ خَيْرًا اسْتَعْمَلَهُ ". فَقِيلَ : كَيْفَ يَسْتَعْمِلُهُ يَا رَسُولَ اللَّهِ ؟ قَالَ : " يُوَفِّقُهُ لِعَمَلٍ صَالِحٍ قَبْلَ الْمَوْتِ ".

“Jika Allah ﷻ menginginkan kebaikan kepada seorang hamba maka Dia akan menuntunnya.” Beliau ditanya: bagaimana cara Dia menuntunnya wahai Rasulullah? Beliau menjawab: “Allah ﷻ memberi taufik kepadanya untuk beramal saleh sebelum mati.”
(HR.Tirmidzi dan Ahmad dengan sanad yang sahih)

Semoga kita termasuk diantara hamba-hamba yang meraih ampunan dan maghfirah-Nya.

Berkata Ibnu Utsaimin Rahimahullah:
“Wahai saudaraku, akhirilah bulan ramadhan dengan bertaubat kepada Allah ﷻ dari berbagai kemaksiatan, dan kembali kepada-Nya dengan melakukan amalan yang diridhai-Nya, karena sesungguhnya manusia tidak lepas dari kesalahan dan kekurangan, dan setiap anak cucu Adam itu melakukan kesalahan, dan sebaik- baik orang yang bersalah adalah yang senantiasa bertaubat. Sungguh Allah ﷻ telah menganjurkan hal itu dalam kitab-Nya, dan juga Rasulullah ﷺ menganjurkan dalam sabdanya untuk senantiasa beristighfar kepada Allah ﷻ dan bertaubat kepada-Nya.”
(Majalis syahri Ramadhan,Ibnu Utsaimin: 336)

Berkata Syaikh Bin Baaz Rahimahullah :
“Termasuk diantara hal yang sepantasnya menjadi penutup bulan ini, adalah tekad yang jujur untuk senantiasa melakukan ketaatan kepada Allah ﷻ dan rasul-Nya, dan tetap melanjutkan berbagai amalan kebaikan di sisa waktumu, engkau memiliki tekad, engkau memiliki kekuatan dan semangat untuk senantiasa Istiqomah di atas ketaatan kepada Rabb-mu, dan tetap melanjutkan amalan kebaikan berupa shalat, sedekah, beristighfar, berdo’a, membaca al qur’an dan yang lainnya. Dan engkau memiliki tekad yang kuat untuk berjihad melawan hawa nafsumu agar senantiasa berada diatas kebaikan ini, disertai sikap berhati- hati dari seluruh apa yang dilarang oleh Allah ﷻ .”
(Syarah kitab Wazhaaif Ramadhan).


✍🏼 Askary bin Jamal
Ahad , 29 Ramadhan 1443 H / 1 Mei 2022 M

https://t.me/MahadOnline_alistiqomah/771
Gulir ke Atas